01 June 2016

Bosen kerja? Mau resign ragu-ragu...

Sudah berapa lama mengabdi bekerja untuk bos/perusahaan anda? setahun, dua tahun, lima tahun atau bahkan sudah belasan tahun? Selama anda bekerja disebuah perusahaan tentunya ada saatnya dimana anda merasa jenuh, bosan atau bahkan terasa sangat malas untuk bekerja. Sangat wajar tentunya hal tersebut dirasakan oleh karyawan apalagi jika sudah mengabdi dalam kurunn waktu yag tidak sebentar.

Berbagai hal pernah dialami baik senang maupun susah dalam bekerja, namun semakin lama bekerja di sebuah perusahaan maka kemungkinan untuk berkembang akan semakin kecil. Di tahun-tahun awal bekerja mungkin akan terasa perubahan yang signifikan misalkan dalam hal gaji, tunjangan atau kepercayaan dari atasan, namun seiring berjalanya waktu dan semakin lama ada berdiam di sebuah perusahaan maka perubahan-perubahan tersebut akan semakin melambat dan pada ahirnya bisa disebut stagnan atau tidak ada lagi perubahan signifikan. Mungkin hal ini tida berlaku untuk semua orang, akan tetapi mayoritas kemungkinan akan merasaka hal yang demikian. Jika anda sudah mengabdi hingga belasan tahun mungkin anda akan merasakan perbedaan-perbedaan diawal anda mulai bekerja dengan pada saat anda sudah bekerja cukup lama. Rasa bosan, malas, jenuh dan lain-lain tentunya sudah hal yang wajar. Selain itu banyak hal-hal lain yang bisa menyebabkan anda menjadi malas dan lain-lain misalnya suasana kerja, rekan kerja atau hal lainnya.

Bertahan dalam sebuah perusahaan dalam waktu yang lama bukan hal mudah, bagi beberapa orang mungkin ini adalah sebuah prestasi karena bisa dianggap bahwa kita sebagai karyawan dipercaya oleh atasan namun mungkin bagi sebagian orang bisa jadi karena tidak ada pilihan lain sehingga memilih zona aman dengan tetap bertahan.

Bekerja dan mengabdi untuk orang lain bukan hal yang buruk akan tetapi akan lebih baik jika bisa memulai sebuah solusi lain sehingga tidak mengandalkan pendapatan bulanan dari bekerja. Mayoritas dari kita mungkin punya prinsip 'Saya tidak mau menjadi karyawan selamanya' dan harus mencoba berubah dan pindah dari zona aman. Akan tetapi bukan hal yang mudah untuk memutuskan tetap bekerja atau berhenti bekerja dan memulai sesuatu yang baru seperti berbisnis sendiri atau berwira swasta.

Kebiasaan menerima pendapatan bulanan yang rutin dibandingkan dengan resiko ketika berbisnis sendiri dengan pendapatan yang tidak pasti setiap bulannya menjadi salah satu hal yang cukup mempengaruhi keputusan seseorang ketika akan mengundurkan diri dari tempatnya bekerja. Pindah mencari pekerjaan lain dengan pendapatan yang lebih dari saat ini bukan juga hal yang mudah dengan persaingan yang ada saat ini. Memang hal seperti ini cukup menjadi dilema yang sadar atau tidak sadar mungkin sudah bertahun-tahun kita berfikir untuk berhenti bekerja dan memulai bisnis namun tidak juga berani.

Satu hal yang pasti dan harus dipunyai adalah tekad dan keyakinan bahwa pilihan yang kita pilih adalah benar. Berhenti bekerja untuk memulai hal baru yang dirasa akan membuat masa depan lebih baik tentunya bukan hal yang buruk. Jika saat ini anda sedang berfikir untuk behentii bekerja dan ingin memulai bisnis sendiri maka yakinkan bahwa pilihan anda sudah benar, namun selain itu tentunya harus sudah persiapan dan rencana-rencana yang matang sehingga keputusan berhenti bekerja tidak akan menjadi hal yang disesali.

Labels: ,

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home