10 November 2015

Tips aman belanja online

Bisnis e-commerce saat ini sudah sangat menjamur, banyak sekali toko online yang menyediakan berbagai macam produk untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Semakin banyaknya toko online yang ada secara tidak langsung akan meningkatkan tingkat persaingan yang ada dan sekaligus juga merupakan keuntungan karena semakin

banyak produk pilihan sehingga calon pembeli bisa memilih produk yang paling baik atau cocok terutama dari segi harga. Saat ini masyarakat kita sudah mulai terbiasa dengan berbelanja online baik itu produk dari dalam negeri maupun produk dari luar negeri (import). Satu hal yang sampai saat ini masih ditakuti oleh para calon pembeli toko online adalah masalah kepercayaan. Hal yang lumrah memang jika seorang calon pembeli merasa takut tertipu pada saat membeli suatu produk ke seseorang atau toko online yang kita tidak atau belum pernah tau pemiliknya dan lain sebagainya.
Namun seiring dengan berjalannya waktu yang didukung pula dengan pekembangan teknologi, kini berbelanja online sudah semakin mudah dan aman. Beberapa toko online saat ini sudah memberikan jaminan atau proteksi kepada pembeli sehingga  tidak perlu lagi merasa takut tertipu dan lain sebagainya. Namun hanya sebagian kecil toko online yang sudah melakukan hal tersebut, nah bagi calon pembeli yang masih merasa ragu untuk berbelanja online mudah-mudahan tips belanja online berikut ini bisa bermanfaat:

Tips aman belanja online
  1. Usahakan untuk membeli produk dari toko yang memberi jaminan pembayaran anda. Dengan sistem jaminan ini penjual akan mendapatkan pembayaran jika pembeli sudah meng-konfirmasi bahwa pesanan sudah diterima.
  2. Pilihlah toko atau penjual yang mempunyai rating cukup baik.
  3. Hindari tansfer langsung pembayaran ke penjual jika belum pernah bertransaksi sebelumnya.
  4. Jika produk yang dibeli berasal dari situs iklan, usahakan untuk bertemu langsung dengan penjual atau cash on delivery (COD)
  5. Jika membeli produk dari toko online pribadi, periksa lebih detil mengenai webiste toko online tersebut seperti misalkan apakah website tersebut mencatumkan alamat toko dll.



Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home