07 November 2015

Bekerja atau berwirausaha, mana yang lebih baik?

Melihat fakta yang ada di sekitar kita, kebanyakan orang lebih banyak memilih bekerja ketimbang berwirausaha. Apakah mereka yang bekerja saat ini memang lebih memilih bekerja atau sebenarnya jika mereka bisa berwirausaha akan lebih memilih berwirausaha? Banyak faktor yang mempengaruhi seseorang dalam

hal memilih sumber pendapatan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Secara logika kebanyakan orang pasti akan cenderung memilih berwirausaha atau bisnis ketimbang bekerja karena berwirausaha lebih fleksibel. Dengan bekerja berarti seseorang akan terikat oleh peraturan dimana tempat mereka bekerja, mulai dari aturan jam kerja yang mengharuskan masuk pagi pulang sore dan belum lagi aturan-aturan lain yang harus dipatuhi.
Disisi lain berwirausaha memiliki fleksibilitas terutama dalam hal waktu sehingga tidak terikat oleh aturan seperti pada perusuhaan pada umumnya walaupun tidak serta merta bisa semaunya juga karena dibutuhkan  keuletan dan ketekunan untuk memulai berwirausaha. Baik bekerja maupun berwirausaha memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing dan pilihan untuk itu bergantung pada banyak hal yang tidak semua orang memiliki alasan yang sama.

Kelebihan dan kekurangan berwirausaha:
- Berpeluang untuk mencapai tujuan sesuai yang dikehendaki.
- Membuka lapangan kerja sehingga bisa membantu orang lain yang membutuhkan pekerjaan.
- Lebih fleksibel dalam membagi waktu
- Penghasilah tidak menentu
- Resiko dan tanggung jawab lebih besar

Untuk yang saat ini masih bekerja dan memiliki rencana untuk berwirausaha, usahakan untuk merencanakan semuanya dengan matang sebelum meninggalkan pekerjaan dan memulai berwirausaha. Berdiri dengan dua kaki akan lebih baik daripada satu kaki, sebisa mungkin jalani keduanya selama beberapa waktu sampai yakin penghasilan dari wirausaha sudah bisa mencukupi kebutuhan. Memang akan butuh usaha dan tenaga yang lebih untuk menjalankan usaha dan sekaligus juga masih bekerja, namun jika semua sesuai rencana maka tenaga dan usaha yang sudah dilakukan akan terbayar semua.

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home