31 December 2013

APA ITU VPN?

VPN atau Virtual Private Network memungkinkan anda untuk membuat sebuah koneksi yang aman (terenkripsi) ke jaringan lain melalui internet atau jaringan public. VPN dapat digunakan untuk mengakses website yang diblokir atau melindungi aktivitas browsing anda. Kebanyakan sistem operasi mempunyai fitur VPN.

Apa itu VPN? 
Ketika anda menghubungkan komputer, smartphone, tablet atau perangkat lain ke sebuah VPN, perangkat tersebut seolah-olah berada di jaringan lokal. Semua trafik jaringan akan dikirim melalui sebuah koneksi yang aman ke VPN. Karena perangkat anda seperti berada pada jaringan lokal, hal ini memungkinkan anda untuk mengakses jaringan lokal anda dengan aman meskipun anda berada ditempat lain. Anda juga bisa menggunakan koneksi internet seperti anda berada pada lokasi VPN, hal ini merupakan salah satu keuntungan menggunakan VPN ketika anda terkoneksi ke hotspot dan ingin mengakses web yang diblokir. Ketika anda membuka sebuah website saat terhubung ke VPN, komputer anda akan membuka website melalui koneksi VPN yang terenskripsi.


Kegunaan VPN
VPN adalah alat yang sederhana, namun VPN bisa digunakan untuk berbagai hal :
  • Mengakses jaringan bisnis ketika sedang berpergian. VPN banyak digunakan oleh traveler untuk mengakses jaringan bisnis mereka termasuk mengakses jaringan lokal mereka tanpa harus membahayakan data mereka. 
  • Mengakses jaringan rumah dari luar. Anda bisa membuat VPN anda sendiri sehingga anda bisa mengakses komputer anda dirumah dari tempat lain via internet. 
  • Menyembunyikan aktivitas browsing dari ISP. Jika anda browsing internet semua aktivitas non HTTPS dapat dilihat oleh orang lain. Semua trafik jaringan akan melalui VPN.
  • Mengakses website yang diblokir. Dengan menggunakan VPN maka IP public anda akan berubah sesuai dengan VPN yang anda gunakan, hal ini memungkinkan anda untuk membuka website yang diblokir oleh ISP anda.
  • Download torrent. Banyak orang menggunakan VPN untuk mendownload file torrent terutama jika ISP anda membatasinya sehingga kecepatan downloadnya sangat lambat.

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home