15 December 2013

Sejarah Microsoft Windows

Microsoft Windows adalah sistem operasi komputer yang digunakan oleh lebih dari 90% pengguna komputer didunia, sisanya menggunakan linux dan sistem operasi berlambang buah apel. Microsoft Windows menyediakan graphical User Interface (GUI), manajemen memori, multi tasking dan mendukung banyak  perangkat keras.

MS-DOS (Microsoft disk operating system)
Pada awalnya dikembangkan Microsoft untuk IBM, MS-DOS adalah sistem operasi standar untuk komputer IBM. Versi awal dari DOS sangat sederhana dan menyerupai sistem operasi lain yang disebut CP/M.  Versi selanjutnya meningkat lebih canggih karena menggunakan fitur sistem operasi komputer mini.

Windows 1.0 – 2.0 (1985-1992) 
dikenalkan pada tahun 1985, dinamakan Microsoft Windows 1.0 karena mewakili aspek fundamental dari sistem operasi. Windows 1.0 sudah tidak menggunakan perintah seperti pada MS-DOS, melainkan pengguna bisa memilih point dan klik untuk mengakses windows. Pada tahun 1987 Microsoft merilis Windows 2.0 yang didesain untuk processor inter 286. Pada versi ini sudah ada ikon desktop, shortcut keyboard dan peningkatan grafis.

Windows 3.0 – 3.1 (1990–1994)
Microsoft merilis Windows 3.0 pada Mei 1990. Versi ini menpunyai ikon yang lebih baik, kinerja dan grafis dengan 16 warna didesain untuk processor intel 386. Versi ini adalah versi pertama yang menyediakan standar tampilan Microsoft Windows untuk versi-versi berikutnya. Windows 3.0 sudah mempunyai Program Manager, File Manager dan Print Manager dan games (Hearts, Minesweeper and Solitaire). Microsoft merilis Windows 3.1 pada tahun 1992.

Windows NT 31. - 4.0 (1993-1996)
Windows NT (New Technology) adalah sistem operasi  32-bit sistem operasi yang mendukung multitasking.  Sebenarnya ada dua versi Windows NT: Windows NT Server, dirancang untuk komputer server dalam jaringan, dan Windows NT Workstation untuk klien workstation.

Windows 95 (August 1995)
Rilis utama dari sistem operasi Microsoft Windows dirilis pada tahun 1995. Windows 95 merupakan kemajuan yang signifikan atas atas versi sebelumnya yaitu Windows 3.1. Selain antarmuka yang baru, Windows 95 juga membawa sejumlah perbaikan internal yang penting. Mungkin yang paling penting adalah mendukung aplikasi 32-bit yang berarti bahwa aplikasi yang dibuat khusus untuk sistem operasi ini seharusnya berjalan lebih cepat.
Meskipun Windows 95 bisa menjalankan aplikasi dari windows versi sebelumnya dan DOS, namun versi ini sudah menghilangkan DOS sebagai platform dasar.  Ini artinya banyak banyak limitasi yang ada pada DOS sudah dihilangkan seperti memori utama 640K dan nama file hanya 8 karakter. Fitur lain yang penting pada sistem operasi ini adalah kemampuan untuk secara otomatis mendeteksi dan mengatur perangka keras yang terpasang atau lebih dikenal dengan istilah plug and play.

Windows 98 (June 1998)
Windows 98 menawarkan dukungan untuk beberapa teknologi baru, termasuk FAT32, AGP, MMX, USB, DVD dan ACPI. Fitur yang paling terlihat adalah Active Desktop, yang mengintegrasikan browser Web (Internet Explorer) dengan sistem operasi. Dari sisi pengguna, tidak ada perbedaan antara mengakses dokumen lokal pada hard disk pengguna atau pada web server.

Windows ME - Millennium Edition (September 2000)
The Windows Millennium atau dikenal dengan "Windows Me" adalah update dari Windows 98 dan mempunyai beberapa fitur dari sistem operasi Windows 2000. Versi ini juga telah menghilangkan opsi  "boot in DOS".

Windows 2000 (February 2000)
Sering disingkat sebagai "W2K," Windows 2000 adalah sistem operasi untuk komputer bisnis dan sistem laptop untuk menjalankan aplikasi perangkat lunak, terhubung ke Internet dan situs intranet, file akses, printer dan jaringan. Microsoft merilis empat versi Windows 2000: Profesional (untuk komputer bisnis dan sistem laptop), Server (baik server Web dan server kantor), Advanced Server (untuk line-of-bisnis aplikasi) dan Datacenter Server (untuk komputer dengan trafik jaringan tinggi).



Windows XP (October 2001)
Windows XP pertama kali diperkenalkan pada tahun 2001. Seiring dengan antarmuka pengguna yang didesain ulang, sistem operasi baru ini dibangun di atas kernel Windows 2000, memberikan pengguna sebuah lingkungan yang lebih stabil dan dapat diandalkan dibandingkan versi Windows sebelumnya. Windows XP datang dalam dua versi, Home dan Professional. Microsoft berfokus pada mobilitas untuk kedua edisi, termasuk plug and play fitur untuk menghubungkan ke jaringan nirkabel. Sistem operasi juga memanfaatkan standar keamanan nirkabel 802.11x. Windows XP merupakan salah satu produk terlaris Microsoft.

Windows Vista (November 2006)
Windows Vista menawarkan kemajuan dalam kehandalan, keamanan, kemudahan pengoperasian, kinerja dan pengelolaan dibandingkan Windows XP. Yang baru dalam versi ini adalah kemampuan untuk mendeteksi masalah hardware sebelum terjadi, fitur keamanan untuk melindungi terhadap ancaman program jahat generasi terbaru, waktu start-up lebih cepat dan konsumsi daya lebih rendah pada saat sleep. Dalam banyak kasus, Windows Vista terasa lebih responsif daripada Windows XP pada hardware yang identik. Windows Vista menyederhanakan dan memusatkan manajemen konfigurasi desktop.

Windows 7 (October, 2009)
Windows 7 memulai debut resminya pada tanggal 22 Oktober 2009 sebagai pengganti Windows Vista. Windows 7 dirilis bersamaan dengan rilisnya  Windows Server 2008 R2. Fitur baru di Windows 7 termasuk dukungan multi-touch, Internet Explorer 8, peningkatan kinerja dan waktu start-up, Aero Snap, Aero Shake, dukungan untuk virtual hard disk, Windows Media Center baru dan peningkatan keamanan.

Windows 8 (Codename, 2012)
Windows 8 adalah sistem operasi terbaru dari Microsoft yang dirilis tahun lalu. Versi ini membawa banyak perubahan yang sangat signifikan terutama dari sisi antarmuka pengguna. Tidak adanya start menu dan digantikan dengan start screen merupakan salah satu fitur Windows 8 yang cukup membuat pengguna kebingungan pada saat beralih ke sistem operasi ini. Windows 8 merupakan Windows yang juga dikembangkan untuk perangkat mobile atau smartphone. Kinerja sistem operasi ini mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home