20 December 2013

Bagaimana Merekam Layar Smartphone Dengan Android KitKat 4.4

Android KitKat 4.4 hadir dengan fitur yang cukuo menarik yaitu bisa merekam layar menjadi sebuah video dalam format MP4. Fitur ini akan sangat berguna jika anda ingin membuat video tutorial atau menjunjukan aplikasi yang ada pada smartphone anda. Google merekomendasikan menggunakan Android SDK dan koneksi USB untuk merekam layar, namun jika anda punya akses root anda bisa melakukannya dengan menggunakan aplikasi pada smartphone itu sendiri.

Untuk mulai merekam layar android pada perangkat yang tidak mempunyai akset root, anda akan membutuhkan android SDK. Android SDK command line ADB memungkinkan anda untuk merekam layar menggunakan koneksi USB. Anda dapat mendownload android SDK dari website google android developer. Anda tidak membutuhkan java dalam hal ini karena untuk proses merekam layar android hanya menggunakan ADB saja. Untuk informasi cara setting android SDK tidak akan dijelaskan disini.

Untuk mulai merekam layar android dengan SDK, pertama aktifkan USB debugging pada smartphone anda lalu hubungkan dengan komputer.

Untuk menggunakan ADB, ekstrak android SDK yang sudah anda download dan masuk ke folder  sdk\platform-tools. Tekan dan tahan tombol Shift, lalu klik kanan dan pilih  Open command window here.

Ketikan perintah "adb devices" lalu enter untuk meyakinkan bahwa ADB berkomunikasi dengan perangkat android yang terhubung ke komputer.


Jika perangkat android terhubung ke komputer via USB dan USB debugging pada perangkat telah aktif, anda akan melihat perangkat muncul pada window command prompt. Jika tidak artinya perangkat tidak terhubung dengan benar atau USB debugging belum diaktifkan.

Untuk mulai merekam, ketikan perintah berikut ini :
"adb shell screenrecord /sdcard/example.mp4"
Perintah diatas akan mulai merekam layar android dengan setting standar dan menyimpan video outputnya di /sdcard/example.mp4 pada smartphone anda.


Jika anda sudah selesai merekam video, tekan Ctrl+C untuk berhenti merekam dan anda bisa menemukan video hasil rekaman pada smartphone anda sesuai dengan lokasi yang telah anda tentukan sebelumnya.

Setting standar proses rekam adalah sesuai dengan resolusi layar smarthphone dengan bitrate 4Mbps dan durasi maksimal 180 detik. Untuk informasi lebih lanjut mengenai opsi-opsi pada command line silahkan ketikan perintah berikut :

"adb shell screenrecord –help"



Jika perangkat android anda mempunyai akses root, aada tidak harus menggunakan android SDK untuk merekam layar. Banyak aplikasi di Google play store yang bisa digunakan untuk membuat atau merekam video layar langsung dari perangkat android itu sendiri. Android 4.4 Screen Record adalah salah satu aplikasinya.



Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home