19 December 2013

4 Trik Yang Mengurangi Keamanan Android

Para pengguna android terutama yang suka mengotak-atik perangkatnya sering meng-unlock bootloaders, me-root, mengaktifkan USB debugging dan mengizinkan install aplikasi selain dari Google Play Store. Ada beberapa alasan mengapa perangkat android by default tidak mengaktifkan fitur-fitur tersebut.

Setiap trik yang memungkinakan untuk bereksperimen lebih pada perangkat android mempunyai konsekuensi bahwa trik tersebut akan membuka celah keamanan perangkat tersebut.
Sebelum melakukan trik-trik seperti rooting atau ganti OS ada baiknya jika memahami terlebih dahulu resiko-resiko yang mungkin terjadi.

Unlock Bootloader
Android bootloader secara default terkunci. Ini bukan hanya karena produsen atau operator selular ingin mengunci perangkat mereka dan mencegah anda merubahnya. Bahkan perangkat Google Nexus sendiri yang notabene adalah perangkat yang dikembangkan oleh sang pembuat OS Android juga mempunyai bootloader yang terkunci. Bootloader yang terkunci akan mencegah pengguna untuk memasang custom ROM dimana boleh dikatakan hampir tidak ada custom ROM sempurna. Banyaknya bug pada custom rom memungkinkan adanya masalah security.

Rooting
Rooting akan mem-bypass sistem keamanan pada perangkat android. Di android, setiap aplikasi terisolasi, memiliki ID dan permission masing-masing. Aplikasi tidak bisa mengakses atau merubah file-file yang merupakan bagian dari sistem. Ketika anda me-root perangkat android anda, anda dapat mengizinkan aplikasi untuk dijalankan sebagai user root. Hal ini memberikan aplikasi tersebut akses ke seluruh sistem yang memungkinkan aplikasi untuk melakukan hal-hal yang tidak bisa pada perangkat unroot. Aplikasi yang membutuhkan akses root bisa sangat berbahaya dan jangan memberikan akses root untuk aplikasi yang anda sendiri tidak yakin.

USB Debugging
USB debugging memungkinka anda untuk melakukan hal-hal seperti mentransfer file dari & ke perangkat atau merekam aktifitas pada layar perangkat anda. Ketika USB debugging diaktifkan, perangkat android dapat menerima perintah dari komputer. Dengan USB debugging yang tidak aktif komputer tidak bisa mengirim perintah ke perangkat namun file transfer masing bisa dilakukan.

Unknown Sources
Opsi Unknown Sources memungkinkan anda untuk memasang aplikasi selain dari Google play store. Misalnya anda bisa memasang aplikasi dari Amazon App Store atau mungkin games yang anda download dari situs tertentu. Opsi secara default tidak aktif dengan tujuan untuk mencegah pengguna yang awam mengunduh aplikasi dari selain Google play store. Aplikasi yang berasal dari sumber yang kurang atau tidak bisa dipercaya mungkin akan berbahaya karena aplikasi-aplikasi tersbut bisa jadi membawa program jahat seperti virus dan sejenisnya.

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home