23 December 2013

Perbedaan OS X dan Windows

Mac OS X dan Microsoft Windows adalah dua sistem operasi yang paling populer untuk komputer saat ini. OS X adalah sistem operasi yang diperuntukan khusus untuk komputer Apple yang umumnya disebut Mac, sementara Windows pada dasarnya untuk komputer pribadi (PC). Oleh karena itu, OS X sistem operasi berbasis UNIX ini hanya dapat dijalankan pada komputer yang diproduksi oleh Apple.

Namun, Windows dapat dibeli dan jalankan pada komputer manapun, bahkan komputer Apple.

Ada beberapa perbedaan antara dua sistem operasi ini yang membuat salah satu lebih populer daripada yang lain untuk pengguna tertentu. Perbedaan terbesar antara OS X dan Windows adalah harga. OS X cenderung lebih mahal dibandingkan Windows karena apple dianggap sebuah merek. Apple juga cenderung memanfaatkan produk dengan teknologi lebih tinggi, seperti komponen internal, layar, keyboard, dll untuk mempertahankan statusnya merek. Komputer yang menjalankan Windows, di sisi lain cenderung lebih murah, karena ada ribuan komputer berbeda yang menjalankan Windows.

Namun, Mac sekarang juga sedang bersaing dalam hal harga sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan pangsa pasar mereka, seperti Windows memiliki sekitar 90% dari pangsa pasar komputer (PC). Hal ini terutama disebabkan oleh kenyataan bahwa komputer dengan Windows cenderung lebih murah dan memiliki lebih banyak pilihan, misalnya Toshiba, Dell, HP, dll. PC juga lebih mudah untuk  kustomisasi, pengguna bisa memilih merek apapun dan memilih komponen sesuai dengan kebutuhan serta menggunakan Windows sebagai sistem operasinya. Atau pengguna komputer juga dapat membuat atau merakit komputer pribadi mereka sendiri, dan menjalankan Windows sebagai sistem operasi mereka.
Windows tersedia lebih luas dengan 90% dari pengguna komputer menggunakannya, selain itu juga ada banyak aplikasi yang cocok untuk Windows. Hal ini terutama karena pengembang software dan programer ingin program dan aplikasi yang mereka bangun dapat digunakan oleh orang-orang sebanyak mungkin. Hal ini juga berlaku untuk permainan/games. Sebagian besar permainan yang tersedia di pasar kebanyakan dirancang untuk Windows. Hanya kemudian, mereka men-tweak, disesuaikan dan porting untuk OS X.

Virus dan malware juga lebih banyak dirancang dan ditujukan pada Windows. Hal ini terutama karena ada begitu banyak pengguna Windows, tingkat pengguna secara tidak sengaja loading/memuat virus jauh lebih tinggi di Windows. Karena pasar pengguna yang lebih rendah untuk OS X, tidak banyak hacker dan pemrogram yang mempelajari OS X sehingga ancaman terhadap malware pada OS X lebih rendah. Secara tidak langsung ini berarti OS X tidak lebih aman dari malware dibandingkan Windows.


Kernel pada dua sistem operasi ini juga berbeda. Kernel mewakili file sistem dan cara sistem operasi dirancang. Oleh karena itu Windows lebih disukai oleh programmer karena lebih banyak tweak yang bisa dilakukan. Contohnya seorang programmer bisa membuat perubahan pengaturan pada sistem, termasuk pada registri, add/remove program, hardware manager, services manager, koneksi jaringan, control panel, dll. Namun, karena ini makin hari banyak pengguna yang merasa bahwa Windows PC menjadi lebih rumit daripada Mac. Mac dianggap lebih mudah sehingga ada istilah yang menyebut Mac adalah komputer untuk pemalas, karena tidak banyak hal-hal yang harus disetting seperti pada Windows.

Mac tidak rentan crash dan dianggap lebih dapat diandalkan. Hal ini membuat sangat mudah untuk mengetahui apa yang salah dengan Mac. Mac memiliki tiga aplikasi yang berada ditempat yang sama dan membantu anda mengetahui apa yang menjadi penyebab masalah. Aplikasi tersebut adalah Activity Monitor (versi Windows Task Manager yang lebih canggih), Console (lokasi log sistem) dan Disk Utility (yang membantu kita mengidentifikasikan masalah-masalah integritas disk).

Jika sebuah PC bermasalah dan anda tidak tau penyebabnya maka solusinya adalah membawanya ke tempat servis komputer. Di sini kelebihan Apple, karena tidak peduli apa masalahnya (perangkat keras atau perangkat lunak), pengguna cukup menghubungi pusat layanan Apple. Namun, di komputer Windows jika itu adalah masalah perangkat lunak, maka anda harus menghubungi Microsoft, Jika masalah hardware anda harus menghubungi perusahaan produsen hardware tersebut.

Selain perbedaan sebelumnya, waktu boot untuk Mac jauh lebih cepat daripada Windows. Mac juga memiliki yang disebut near-instant suspend and resume, yang memungkinkan komputer untuk mulai dari posisi terahir dari sesi sebelumnya.

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home