13 December 2013

Perbedaan FAT dan NTFS

File Sistem adalah teknik yang digunakan untuk menyimpan data pada media atau perangkat sepert hard disk, memory card dan USB. Data ditulis dan disimpan ke file file sistem perangkat tersebut  sehingga data bisa dimodifikasi, akses, hapus atau dipindahkan ke tempat lain jika dibutuhkan.

File sistem yang sangat terkenal adalah FAT dab NTFS. FAT yaitu "File allocation Table", sebuah file sistem yang dibuat oleh Microsoft pada tahun 1977.
Menurut Wikipedia, nama sistem file FAT berasal dari penggunaan tabel indeks yang dialokasikan pada saat format. Tabel ini terdiri dari cluster, sebuah cluster adalah unit ruang yang digunakan untuk penyimpanan file dan direktori. Setiap cluster berisi entri untuk penyimpanan di disk. Setiap entri berisi jumlah cluster dalam file, atau ruang disk yang tidak terpakai, atau daerah khusus dari disk. Direktori root disk berisi jumlah file cluster setiap file dari direktori tersebut. Sistem operasi kemudian melintasi tabel FAT dengan melihat melalui file cluster masing-masing file disk, dan kemudian membuat rantai klaster sampai akhir file telah dicapai. File sistem  FAT menawarkan kinerja yang baik dalam implementasi ringan. Hal ini membuat berbagi data mudah dan nyaman, FAT juga merupakan format yang berguna untuk kartu memori solid state. Karena kemajuan teknologi dan meningkatnya kebutuhan untuk lebih banyak ruang, berbagai versi sistem berkas FAT telah berevolusi. Beberapa dari mereka yang disebutkan di bawah ini:
  • FAT 12
  • FAT16
  • FAT32

Namun, file sistem FAT tidak ada keamanan data dan tidak mudah direcover. Sistem file ini juga digunakan untuk memformat hard disk untuk 'multibooting' konfigurasi OS dalam kasus sistem crash.


NTFS adalah singkatan dari "New Technology File System". Ini adalah sebuah sistem file yang sangat populer yang diperkenalkan setelah sistem file FAT. File sistem ini dikembangkan pada tahun 1993 dan pertama kali digunakan dalam sistem operasi Windows 3.1. NTFS mendukung kapasitas penyimpanan data hingga 256TB . Hal ini digunakan dalam semua versi terbaru dari Windows seperti Windows 8, Windows 7, Vista, XP dan 2000.

NTFS memiliki struktur data tingkat lanjut dan sektor teknik, peningkatan keamanan dan kemampuan pemanfaatan ruang yang tinggi. NTFS memiliki beberapa fitur perbaikan dibandingkan dengan FAT seperti :

  • Lebih stabil dan dapat diandalkan
  • Mendukung automatic recovery, hal ini bermanfaat ketika hard didk crash.
  • Memiliki kecepatan tinggi untuk membaca dan menulis data dari hard drive
  • Memiliki keamanan yang tinggi atas file dan folder individual
  • Mendukung sistem dual boot
  • Data NTFS dapat dibagi dan diakses melalui jaringan
  • Memiliki Enkripsi File

Jelas bahwa sistem NTFS adalah file system yang lebih baik . Muncul dengan keamanan yang tinggi  sedangkan sistem file FAT meiliki tingkat keamanan yang rendah.

Perbandingan antara NTFS dan Fat Sistem File:

NTFS
Fat File Systems
Acronym The term NTFS stands for ‘New Technology File System’. The term FAT is an acronym for ‘File allocation Table’.
Security It provides complete security to files and folders in the system. There is no security of files and folders in the system.
Activity Log In case of any failure, the files and folders can be easily restored. In case of any failure, the files and folders are not recovered or restored.
File Compression It supports flexible per file compression. No such compression is supported.
File Size It can be 4GB to 64 GB It is 4GB Max
OS Compatibility It only allows accessing on the recognized platforms, on a running computer. It allows the accessing of files when the computer running on other or different platforms.
Data sharing It does not allow sharing data between the operating systems. It allows sharing data between the operating systems.

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home