16 December 2013

Apa Itu Blue Screen Of Death "BSOD"

Blue Screen Of Death atau BSOD merupakan error windows yang paling tidak diinginkan . BSOD muncul ketika Microsoft Windows menemukan kesalahan kritis dan tidak dapat mengatasinya sehingga memerlukan reboot dan berkemungkinan mengakibatkan hilangnya data. BSOD adalah jenis error yang terburuk pada komputer dengan sistem operasi Windows,

BSOD adalah jenis error yang terburuk pada komputer dengan sistem operasi Windows, tidak seperti aplikasi crash yang tidak mengharuskan reboot. BSOD adalah hasil dari crash perangkat lunak tingkat level bawah atau kegagalan perangkat keras karena rusak.

Apa Penyebab BSOD? 
BSOD umumnya disebabkan oleh masalah pada perangkat keras komputer atau masalah dengan driver perangkat keras. Perangkat lunak standar tidak dapat menyebabkan BSOD, jika sebuah aplikasi crash, maka aplikasi tersebut tidak akan menggaggu sistem operasi hingga dibutuhkan reboot. BSOD disebabkan oleh masalah perangkat keras dan masalah dengan perangkat lunak tingkat rendah yang berjalan di kernel Windows.

Sebuah BSOD terjadi ketika Windows menemukan "STOP Error" Kegagalan kritis ini menyebabkan Windows crash dan berhenti bekerja. Satu-satunya hal Windows dapat lakukan adalah menghentikan komputer dan restart. Hal ini dapat menyebabkan hilangnya data karena program tidak memiliki kesempatan untuk menyimpan data yang terbuka. Idealnya, program harus terus menyimpan data sehingga BSOD atau jenis error lainnya tidak akan mengakibatkan hilangnya data.
Ketika BSOD terjadi, Windows secara otomatis membuat "Minidump" file yang berisi informasi tentang BSOD itu dan menyimpannya kedalam hard disk. Anda dapat melihat informasi tentang minidumps ini untuk membantu mengidentifikasi penyebab terjadinya BSOD.

Windows Restart Ketika BSOD
Secara default, Windows secara otomatis restart komputer setiap kali terjadi BSOD. Jika komputer Anda restart tanpa alasan yang jelas, itu mungkin BSOD. Jika Anda ingin melihat pesan error yang lebih rinci setiap kali muncul BSOD, Anda dapat menonaktifkan reboot otomatis pada BSOD dari Windows Control Panel.

Tips jika terjadi Blue Screen Of Death "BSOD"
Banyak kemungkinan yang menjadi penyebab terjadinya BSOD, mudah-mudahan tipsberikut ini dapat membantu jika anda mengalaminya :

  • Gunakan System Restore : Jika sistem anda baru mengalami BSOD, gunakan System Restore untuk mengembalikan perangkat lunak atau driver ke keadaan sebelumnya sebelum terjadi BSOD.
  • Scan Malware : Malware yang menyerang sampai jauh ke dalam Windows atau bahkan sampai ke dalam kernel Windows pada tingkat rendah dapat menyebabkan ketidakstabilan sistem. 
  • Install Driver Update : Sebuah driver perangkat keras yang di install dengan tidak benar dapat menyebabkan sistem crash. Pastikan driver untuk perangkat keras komputer anda adalah versi terbaru dan yakinkkan juga bahwa driver tersebut sesuai atau kompatibel dengan sistem operasi komputer anda.
  • Boot Ke Safe Mode : Jika komputer selalu memunculkan layar biru BSOD, coba booting ke safe mode. Dalam safe mode, Windows hanya memuat driver-driver yang penting saja. Jika penyebab BSOD adalah driver yang baru saja anda instal maka anda bisa memperbaikinya dari safe mode dengan cara meng-uninstall driver terlebih dahulu dan menggantinya dengan versi yang sesuai.
  • Periksa Masalah Hardware : BSOD dapat disebabkan oleh hardware yang rusak di komputer anda. Coba cek perangkat keras yang ada pada komputer yang yakinkan suhunya tidak terlalu panas.
  • Menginstal ulang Windows : Menginstal ulang Windows adalah opsi terahir jika memang sudah tidak isa lagi diselesaikan dengan solusi lain.



Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home