21 December 2013

Merubah Background Logon Screen Windows 7

Apakah anda bosan dengan tampilan logon screen windows 7 yang tidak bisa diganti? atau anda ingin merubahnya dengan gambar atau foto favorit anda? Tampilan logon screen pada Windows 7 bisa dirubah tanpa harus memasang software atau utility lain. Anda bisa menggunakan gambar atau foto apapun yang ada di komputer anda sebagai background.

Setting ini biasanya digunakan oleh original equipment manufacturers (OEMs) untuk merubah tampilan welcome screen sesuai dengan sistem mereka. Namun dengan sedikit trik fitur ini pun bisa anda coba pada komputer Windows 7 anda .
By default setting ini tidak aktif sehingga anda harus mengaktifkannya terlebih dahulu melalui windows registry editor atau anda juga bisa menggunakan Group Policy Editor jika anda menggunakan Windows 7 versi professional atau ultimate.

Untuk mengaktifkan fitur ini dari windows registry, petama buka windows registry dengan mengetikan "regedit" pada search box di start menu lalu klik regedit.exe atau langsung tekan enter.


Setelah window Registry editor terbuka, expand ke posisi dibawah ini :

"HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Authentication\LogonUI\Background"

Anda akan melihat sebuah DWORD dengan nama OEMBackground. Jika anda tidak menemukannya, buat sebuah DWORD dengan cara klik kanan pada panel sebelah kanan dan pilih create a new DWORD, beri nama OEMBackground.

Double-click pada OEMBackground dan masukan 1 pada value data.
Catatan, merubah atau mengganti theme pada Appearance and Personalization window akan mereset nilai registry diatas kembali ke 0. Untuk mencegah hal tersebut maka perubahan setting harus dilakukan melalui Group Policy Editor. Untukk mengaksesnya, ketik "gpedit.msc" pada search box start menu lalu tekan enter.


Pada window general policy editor, expand ke posisi berikut ini :

"Computer Configuration\Administrative Templates\System\Logon"


Pada panel sebelah kanan, double click "Always use custom logon background" lalu pilih enable dan klik OK.

Untuk mengganti gambar atau backgroun logon screen pastikan bahwa file yang anda gunakan kurang dari 256 KB dan gunakan gambar dengan resolusi sesuai dengan layar agar gambar ti stretch.

Buka windows explorer dan buka folder berikut :

"C:\Windows\System32\oobe\info\backgrounds"

By defaults folder info dan backgrounds tidak ada sehingga anda harus membuatnya terlebih dahulu. Selanjutnya copy gambar atau file yang akan anda gunakan sebagai backgroud ke folder "backgrounds" dan rename file tersebut dengan nama backgroundDefault.jpg.

Anda bisa langsung melihat hasilnya tanpa harus restart komputer anda, silahkan logoff untuk meilhat hasilnya. 

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home