17 December 2013

10 Jenis Malware dan Penjelasannya

Kebanyakan pengguna komputer menyebut semua jenis malware adalah virus, hal tersebut sebenarnya secara teknis tidak sepenuhnya benar. Mungkin anda pernah mendengar istilah seperti malware, worm, Trojan, rootkit, keylogger, spyware dan lain-lain. Lalu apa arti dari istilah-istilah tersebut? Apakah semua itu adalah virus?

Malware
Kata "malware" berasal dari kata "malicious software". Banyak orang menganggap semua program yang berbahaya adalah virus. Virus sebenarnya adalah salah sau jenis malware.

Virus
Virus adalah tipe malware yang menggandakan diri sendiri dengan menginfeksi file lain, seperti halnya virus didunia nyata yang menginfeksi sel biologis untuk kemudian menggunakan sel tersebut untuk menggandakan diri. Virus dapat melakukan banyak hal seperti aktif/berjalan dibackground dan mencuri password, menampilkan iklan atau merusak komputer. Namun kunci utama mengapa disebut virus adalah karena cara penyebarannya. Jika anda mempunyai program yang terinfeksi virus dan membukanya di komputer lain maka komputer tersebut juga berkemungkinan besar akan tertular virus tersebut. Virus banyak menyebar melalui media USB flash disk yang notabene menjadi media untuk pemindahan data dari satu komputer ke komputer lain.

Worm
Worm hampir sama dengan virus, yang berbeda adalah cara penyebarannya. Worm tidak menginfeksi file seperti virus dan tidak tergantung aktifitas manusia dalam penyebarannya. Worm menyebar melalui jaringan komputer. Seperti halnya virus, worm dapat melakukan banyak hal berbahaya lainnya setelah menginfeksi komputer.
Trojan (Trojan Horse)
Trojan horse atau Trojan adalah jenis malware yang menyamar sebagai file didalam komputer. Ketika anda men-download dan menjalankan program, trojan akan berjalan dibackground sehingga tanpa anda sadari komputer dapat diakses oleh pihak ketiga. Jika sebuah trojan sudah dapat mengakses komputer korban maka banyak hal yang bisa dilakukan dan salah satunya adalah memasukan berbagai jenis malware ke komputer anda.

Spyware
Spyware adalah jenis perangkat lunak berbahaya yang memata-matai komputer anda tanpa anda ketahui. Spyware dapat mengumpulkan berbagai jenis data yang berbeda, tergantung dari jenis spyware. Berbagai jenis malware dapat berfungsi sebagai spyware, mungkin ada spyware berbahaya yang termasuk dalam trojan.

Adware
Adware sering menyebar bersama dengan spyware. Adware merupakan jenis perangkat lunak yang menampilkan iklan di komputer Anda. Program yang menampilkan iklan dalam program itu sendiri umumnya tidak diklasifikasikan sebagai malware. Jenis "adware" yang sangat berbahaya adalah jenis yang dapat  mengakses ke sistem anda untuk menampilkan iklan.

Keylogger
Keylogger adalah jenis malware yang berjalan dibackground, merekam setiap aktivitas keyboard anda. Data yang direkam bisa berupa username, password, nomor kartu kredit dan data sensitif lainnya tergantung aktivitas anda.

Botnet, Bot
Botnet adalah jaringan komputer besar yang berada di bawah kendali pencipta botnet. Setiap komputer berfungsi sebagai "bot" karena setiap komputer terinfeksi dengan malware tertentu.
Setelah perangkat lunak bot menginfeksi komputer, maka komputer akan terhubung ke beberapa jenis server DNS dan menunggu instruksi dari pencipta botnet. Sebagai contoh, sebuah botnet dapat digunakan untuk memulai serangan DDoS (distributed denial of service) Setiap komputer di botnet akan diberitahu untuk membombardir situs web tertentu atau server dengan permintaan sekaligus, dan jutaan permintaan ini dapat menyebabkan server menjadi tidak responsif atau crash.

Rootkit
Rootkit adalah jenis malware yang dirancang untuk masuk jauh ke komputer anda untuk menghindari terdeteksi oleh pengguna dan program keamanan seperti antivirus atau sejenisnya.

Ransomware
Ransomware adalah jenis malware yang tergolong masih cukup baru. Ransomware akan mengambil alih komputer atau file anda dan menuntut pembayaran uang tebusan. Beberapa ransomware mungkin hanya memunculkan kotak atau popup yang meminta uang sebelum anda dapat menggunakan komputer anda. 

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home