05 January 2017

Cara rendering video menggunakan adobe media encoder

Apakah kamu suka membuat video atau mengedit video? program apa yang sering kamu gunakan untuk mengedit video? ya...salah satu dari sekian banyak software editing video adalah adobe after effects. software ini cukup banyak dipakai karena banyaknya fitur disediakan dan juga untuk pemula banyak sekali tersedia template gratis di internet yang bisa diunduh sebagai media untuk belajar.

jika ada kelebihann tentu ada kekurangan dong...kelebihan dari segi fitur memang cukup membuat para penggunanya puas akan tetapi untuk menggunakan program adobe after effect ini dibutuhkan spesifikasi komputer yangg cukup mumpuni baik dari sisi grafis, prosesor maupun memori atau RAM terutama pada saat proses rendering video. Tentunya menyebalkan dong kalo kita sudah cape-cape bikin atau ngedit video frame demi frame lalu pada saat rendering ternyata gagal atau membutuhkan waktu yang sangat lama terutama jika ouput videonya high resolution atau HD. Namun kali ini bukan masalah spesifikasi komputer yang akan kita bahas, tetapi bagaimana merender sebuah project video di adobe after effect menggunakan program adobe media encoder. Banyak artikel di internet yang menyebutkan penggunaan adobe media encoder ini lebih karena kebutuhan output rendering dalam format MP4, tapi tentunya setiap orang punya alasannya masing-masing.

Ok langsung saja ke cara bagaimana rendering video menggunakan adobe media encoder, jika kamu belum punya silahkan cari di internet dan install, jangan lupa disesuaikan dengan versi adobe after effectnya ya..

Berikut adalah cara bagaimana merender video menggunakan adobe media encoder

  1. Pastikan project video di after effect sudah selesai. 
  2. Buka adobe media encoder
  3. Pilih menu file lalu pilih Add after effect composition. pada kolom sebelah kiri windows dialog yang muncul pilih lokasi file adobe after effect dan klik pada filenya setelah itu pada kolom sebalah kanan akan muncul komposisi yang ada dalam file after efffect tersebut. jika ada lebih dari satu komposisi dan akan merender beberapa komposisi sekaligus maka gunakan tombol ctrl untuk memilih komosisi. setelah komposisi sudah dipilik klik ok.

  4. Selanjutnya komposisi yang sudah dipilih pada langkah 3 akan muncul pada tabel seperti gambar dibawah.Pada langkah ini bisa dilakukan perubahan format output dan resolusi dari video dan lain-lain
  5. Langkah terahir klik tombol start queue dan tunggu hinggal prosess rendering selesai
Simak videonya berikut ini

Labels: ,

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home