22 June 2016

Cara belajar bahasa Inggris

Di zaman milenium seperti sekarang menguasai bahasa asing sudah menjadi hal yang lumrah terutama bahasa inggris. Kebutuhan akan penguasaan bahasa inggris boleh dikatakan menjadi keharusan karena banyak hal seperti semakin tingginya persaingan dalam mencari kerja, kebutuhan untuk sekolah diluar negeri

atau karena sering jalan-jalan ke negara tetangga. Salah satu faktor yang sangat mempengaruhi kemampuan bahasa inggris adalah pendidikan formal disekolah. Kurikulum pendidikan belasan tahun yang lalu menerapkan pelajaran bahasa inggris mulai ada pada jenjang pendidikan sekolah lanjutan tingkat pertama atau SLTP. Berbeda dengan pendidikan formal saat ini yang sudah mulai memasukan pelajaran bahasa inggris sejak di sekolah dasar dan bahkan di taman kanak-kanak pun sudah mulai diberikan dasar-dasar mengenai bahasa inggris. Proses belajar yang dimulai sejak dini dirasa lebih baik karena akan membuat penguasaan bahasa inggris lebih mudah. Coba bandingkan anak-anak smp atau sma jaman sekarang yang mayoritas sudah bisa berbahasa inggris walaupun masih belum lancar. Ini sangat jauh berbeda dengan kondisi belasan tahun lalu dimana pendidikan bahasa inggris belum dianggap terlalu dibutuhkan. Lalu selain dari pendidikan formal disekolah atau lembaga kursus dan sejenisnya, apakah ada metode atau cara belajar bahasa inggris yang lain?

belajar bahasa inggris

Cara belajar bahasa inggris

Tips-tips berikut ini mungkin bisa menjadi pertimbangan untuk membantu proses belajar bahasa inggris.

  1. Menonton film dengan subtitle bahasa Indonesia.
    Seperti kita tahu semua film berbahasa inggris yang diputar di Indonesia pasti dilengkapi dengan subtitle atau teks terjemahan dalam bahasa Indonesia. Dengan menonton film dan memperhatikan kalimat yang diucapkan didalam adegan film, bagaimana mengucapkannya dan juga melihat apa artinya dari teks terjemahan ini bisa membantu dalam proses belajar.
  2. Membaca buku berbahasa inggris
    Membaca buku berbahasa inggris juga bisa membantu belajar, namun untuk permulaan pilih buku-buku bacaan yang ringan dan sederhana.
  3. Menggunakan alat atau program penterjemah
    Di era sekarang sudah banyak aplikasi atau software yang berfungsi sebagai penterjemah bahasa asing dan salah satunya adalah google translate. Google translate mampu menterjemahkan kata demi kata atau kalimat dan bahkan paragraf. Namun jangan begitu saja percaya dengan hasil terjemahan google translate terutama jika yang diterjemahkan adalah kalimat yang panjang atau paragraf karena hasilnya terkadang tidak sesuai atau kurang tepat. Jika yang diterjemahkan adalah kata demi kata atau kalimat yang hanya terdiri dari beberapa kata hasil terjemahan masih baik. Setidaknya alat penterjemah bahasa seperti google translate akan cukup membantu untuk belajar bukan cuma bahasa inggris saja tetapi juga bahasa-bahasa asing lainnya.
Menguasai bahasa lain selain bahasa nasional Indonesia memang hal yang baik karena tuntutan berbagai macam hal, namun jangan pernah melupakan bahasa nasional kita sendiri yaitu bahasa Indonesia. jangan sampai kita fasih dan lancar berbahasa inggris tetapi bahasa Indonesia kita lupakan.

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home