07 July 2016

Fakta menarik tentang Google Maps

Dizaman serba online ini siapa yang tidak tau google maps? Hampir semua smartphone yang ada saat ini sudah memiliki aplikasi google maps terutama smarphone berbasis android. Keberadaan aplikasi google maps dirasa cukup membantu terutama jika anda ingin mencari alamat yang belum diketahui sebelumnya atau anda sedang mencari rute untuk sebuah perjalanan.

Banyaknya fitur yang disuguhkan google maps juga sangat membantu seperti pencarian alamat, pencarian rute perjalanan dan street view. Fitur google street yang belum lama tersedia untuk wilayah Indonesia menjadi fitur yang sangat menarik bagi sebagian pengguna karena bisa langsung melihat kondisi langsung seolah-olah kita berada pada posisi atau lokasi yang kita tentukan. Selain street view ada juga fitur see inside, mirip seperti street view tetapi untuk ditur see inside hanya menyuguhkan tampilan 360 derajat untuk lokasi-lokasi seperti Mall atau tempat-tempat keramaian lainnya. Google maps menyediakan dua jenis tampilan yaitu tampilan berupa peta dan tampilan berupa satelit yang menggambarkan tampilan real. Tapi taukah anda ada beberapa fakta menarik yang mungkin anda belum ketahui mengenai google maps?


Berikut adalah fakta menarik tentang Google Maps

  1. Berapa banyak data Google Maps?
    Jika digabungkan semua data google maps seperti data peta, satelit, street view dan lain-lain maka total data dari google maps adalah setara dengan 21 juta gigabytes dan tentunya akan terus bertambah seiring berjalannya waktu.
  2. Seberapa sering data gambar diperbarui?
    Tergantung pada ketersediaan, data peta dan satelite diperbarui setiap 2 minggu dan untuk data steet view akan diperbarui secepat mungkin walaupun tidak ada jadwal yang pasti karena tergantung pada beberapa faktor seperti cuaca, kondisi lalu lintas dan lain-lain.
  3. Bagaimana google memonitor gambar-gambar pada street view?
    Berdasarkan info dari spokesperson (juru bicara) google, terkadang ada laporan dari pengguna karena ada gambar yang dirasa mengganggu kenyamanana pada google street view, untuk itu jika pengguna merasa keberatan pengguna bisa melaporkan hal tersebut. Laporan-laporan tersebut terus dimonitor oleh google dan akan ditindaklanjuti biasanya dengan membuat gambar menjadi blur atau tidak jelas.
  4. Membuat blur semua gambar wajah dan plat nomor kendaraan
    Pada street view jika diperhatikan semua gambar wajah dan plat nomor kendaraan dibuat blur. Apakah hal ini dilakukan satu persatu? jawabannya adalah tidak. Google menggunakan teknologi automatic face and license plate blurring yaitu sistem yang secara otomatis membuat blur gambar wajah dan plat nomor yang ada pada street view.
  5. Siapa pemilik satelite yang digunakan oleh google?
    Untuk tampilan satelit pada google maps dan google earth, google menggunakan beberapa jasa atau satelite dari pihak ketiga.
  6. Jenis kamera untuk google street view
    Google pada awalnya menggunakan sedikit kamera dengan kualitas rendah, tetapi sekarang untuk street view menggunakan sistem kamera yang mempunyai 15 lensa yang bisa menghasilkan foto dengan resolusi 65 megapixel.



Labels: ,

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home