18 June 2016

Bahagia itu sederhana

Siapa yang dalam hidup ini tidak ingin bahagia? Semua orang tentunya ingin bahagia dalam hidup tanpa kecuali. Tapi bahagia yang seperti apa yang orang cari? Kebahagiaan setiap orang berbeda-beda, ada yang cukup dengan hal yang sederhana saja sudah bisa bahagia.

Tapi ada juga orang yang bahagia kalau punya uang banyak, harta berlimpah dan lain-lain. Subjektif memang jika dilihat dari kacamata penyebab kebahagiaan. Tapi yang namanya perasaan bahagia tetaplah sama mau bahagia karena uang, diterima kerja, lulus sekolah atau apapun itu perasaan tetaplah sama. Sebenernya bahagia itu sederhana jika kita bisa kita bisa memahami arti dari bahagia itu sendiri. Ada sebuah analogi menarik mengenai kebahagiaan... Ada sekumpulan anak yang masing-diberikan sebuah balon lalu dituliskan nama mereka masing-masing pada balon tersebut. Semua balon yang sudah dituliskan nama dimasukan atau disimpan dalam sebuah ruangan. Lalu secara serentak semua anak-anak tadi disuruh masuk keruangan dimana balon disimpan dan harus menemukan balon dengan nama mereka dalam waktu 1 menit. Apa yang terjadi setelah 1 menit? Tidak satu anak pun yang bisa menemukan balon dengan nama mereka masing-masing. Lalu selanjutnya semua anak kembali disuruh masuk ke ruangan tersebut dan mengambil masing-masing balon sedapatnya. Kurang dari 1 menit semua anak sudah memegang balon, lalu balon-balon yang mereka pegang mereka berikan kepada anak dengan nama yg tertera pada balon tersebut.
Apa yang bisa dipelajari dari analogi anak-anak dan balon tadi? Salah satunya adalah mencari kebahagiaan untuk diri sendiri itu lebih susah jika dibandingkan dengan mencari kebahagiaan dengan orang lain. Jika kita bisa membahagiakan orang lain maka secara tidak langsung maka kita juga akan mendapatkan kebahagiaan.

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home