24 June 2016

Apa itu search engine optimization (SEO)

Pernah atau sering dengar istilah SEO alias search engine optimization? sebenarnya apa dan bagaimana sih SEO itu. SEO adalah metode atau cara-cara yang bisa digunakan untuk optimisasi sebuah website atau blog. Sebuah website dibuat tentunya untuk suatu tujuan tertentu seperti marketing, bisnis atau yang lainnya.

Untuk bisa mencapai tujuan dari dibuatnya sebuah website maka hal yang harus diperhatikan adalah rangking searh engine. Sederhananya jika kita mempunyai website, maka target kita adalah membuat website kita muncul pada halaman pertama hasil pencarian search engine dengan kata kunci yang sudah kita tentukan. Ini tentunya akan membuat jumlah pengunjung website kita meningkat dan pada akhirnya adalah target atau tujuan website tercapai. Banyak sekali para pakar SEO yang berbagi cara atau tips untuk meningkatkan kualitas sebuah website baik dari sisi pembuatan web itu sendiri dalam hal ini programnya maupun dari sisi isi dari web. Bermacam-macam cara bisa diaplikasikan namun tentunya tidak semua cara bisa berdampak secara signifikan juga terhadap trafik atau jumlah pengunjung website. Dari sisi teknis pembuatan website biasanya ada beberapa hal yang umumnya diakukan untuk meningkatkan trafik seperti pengaturan keyword atau kata kunci pada meta tag, judul halaman dan lain-lain.

Untuk web atau blog yang memang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan dengan menjadi publisher iklan seper google adsense misalnya, biasa sang pemilik sudah memikirkan sedimikian rupa cara-cara supaya website atau blognya baik dari sisi SEO.


Tips Search Engine Optimization (SEO)

Berikut beberapa tips SEO yang mudah-mudahan bisa diaplikasikan

  1. Gunakan template atau themes webiste yang SEO friendly, untuk blog gratisan seperti blogspot atau wordpress biasanya tersedia template yang SEO friendly secara gratis pula.
  2. Perhatikan isi atau konten dari website.
    Penulisan artikel yang dipublish secara online baik untuk blog atau lainya akan mempengaruhi kualitas dari sebuah web atau blog. Usahakan untuk membuat kontent atau artikel yang original dan gunakan pemilihan kalimat yang tepat. Sederhananya jika kita searching menggunakan search engine, apa yang kita ketik sebagai keyword? nah..setidaknya munculkan kalimat tersebut dalam artikel yang kita buat. Silahkan cek bagaimana menulis artikel yang baik disini.
  3. Gunakan meta tag keyword yang sesuai dengan isi web atau blog.
  4. Submit URL web ke search engine.
  5. Gunakan tipe format heading untuk kalimat yang menunjukan keyword pentingseperti kalimat "Tips search engine optimization (SEO)" diatas.
  6. Usahahan website seringan mungkin sehingga tidak membutuhkan waktu yang terlalu lama untuk loading.

Labels: ,

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home