20 June 2016

Bagaimana menulis artikel yang baik?

Buat para blogger apalagi full time blogger tentunya menulis sebuah artikel sudah menjadi pekerjaan rutin sehari-hari. Setiap hari ada saja ide untuk ditulis atau dituangkan menjadi artikel yang menarik untuk pembaca blog mereka. Faktor pengalaman, pengetahuan dan hobi sangat mempengaruhi kemampuan dalam menulis artikel.

Tapi buat para blogger pemula yang baru saja mulai belajar blogging tentunya bukan hal yang mudah untuk bisa menuliskan setidaknya satu artikel saja setiap hari. Itu sebabnya banyak kita jumpai artikel yang sama dibeberapa blog yang berbeda bahkan sama persis tulisannya. Ini karena artikel tersebut adalah hasil copas atau copy paste dari artikel orang lain. Memang tidak ada larangan mengambil artikel orang lain selama kita mencantumkan sumber dari artikel tersebut sebagai bentuk menghargai hak cipta dari si penulis asilnya. Ada juga beberapa blog yang hanya menterjemahkan artikel dari bahasa inggris ke bahasa indonesia tapi yang parahnya adalah terjemahan yang digunakan adalah hasil dari google translate dimana kita tau bahwa hasil terjemahan dari google translate belum benar-benar baik sehingga hasil terjemahan akan terasa aneh jika dibaca atau bahkan isi artikel tidak bisa dimengerti. Menulis artikel untuk sebuah blog akan lebih baik jika hasil dari pemikiran sendiri dan diketik sendiri karena hal ini akan membuat artikel terlihat original meskipun idenya berasal dari blog-blog lain.

artikel yang baik


Bagaimana menulis artikel yang baik? 

Beberapa tips berikut mungkin bisa menjadi pertimbangan dalam menulis sebuah artikel:

  1. Hindari copy paste artikel dari sumber lain. 
  2. Gunakan kalimat dan bahasa yang baik.
  3. Tulislah artikel mengenai sesuatu yang kita sukai seperti hobi misalnya, hal ini akan membuat penulisan lebih mudah dan original.
  4. Hindari menggunakan alat penterjemah dari artikel bahasa lain. Kalaupun memang ingin menterjemahkan artikel dari bahasa lain, usahakan untuk diterjemahkan secara manual.
  5. Isi artikel harus jelas dan dibahas secara tuntas.
  6. Artikel harus mudah dimengerti oleh pembaca.

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home