09 June 2016

Content Management System terbaik

Kamu punya blog pribadi? kalo iya pastinya tau dong apa itu content management system atau CMS. Ya CMS adalah sebuah sistem berbasis web based yang akan sangat mempermudah sesorang dalam membangun sebuah website tanpa harus belajar atau mengerti tentang bahasa pemrograman seperti php atau javascript.

CMS saat ini sudah sangat banyak pilihannya walaupun memang hanya ada beberapa saja yang terkenal dan banyak dipakai seperti wordpress, joomla, drupal dan lain-lain. Jenis content management system bisa dikategorikan berdasarkan fungsi atau tujuan penggunaan cms beberapa diantaranya yaitu portal, e-commerce, forum, blogs, galeri dan wiki. Buat kamu yang sedang belajar membuat blog atau website sendiri dan masih bingung akan menggunakan cms yang mana, coba kunjungi opensourcecms untuk memulai. Opensourcecms memiliki banyak daftar cms lengkap dengan demo halaman frontend dan juga backend atau halaman administrator. Kalo kamu berfikir untuk mencari content management system terbaik maka jawabannya bisa dikatakan tidak ada. Ya..kebutuhan seseorang dalam membangun sebuah website tentunya berbeda-beda tiap individu tergantung pada jenis web atau blog seperti apa yang akan dibuat. Untuk sebagian orang mungkin wordpress adalah cms terbaik karena banyak fitur atau alasan lain yang bisa menjawab kebutuhan mereka, namun bisa jadi bagi sebagian orang lain menganggap bahwa joomla adalah cms yang terbaik karena berbagai macam alasan tentunya.

Kembali lagi tergantung pada kebutuhan dan tujuan pembuatan web itu sendiri. Sebagai permulaan sebelum memulai membuat web mungkin perbandingan 3 content management system berikut bisa menjadi pertimbangan dalam memutuskan mana yang lebih cocok

JOOMLA
Untuk sebagian orang joomla adalah pilihan yang tepat karena faktor tampilan yang user friendly dan kemungkinan melakukan customisasi. Namun untuk yang pertama kali menggunakan joomla ini bisa menjadi hal yang cukup kompleks dan membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk memahami cara menggunakannya. Menambah plugin, memposisikan module di halamann yang berbeda, mengatur tampilan dan memanipulasi hal-hal lain akan membutuhkan pengetahuan yang lumayan dan harus dipelajari lebih detil. Disisi lain joomla memilikii banyak sekali extensions yang bisa memenuhi kebutuhan fitur web yang akan dibangun. Buat kamu yang suka belajar maka joomla bisa menjadi pilihan yang tepat.

WORDPRESS
Content management sistem yang satu ini bisa dikatakan adalah cms yang paling banyak dipakai saat ini tentu salah satu alasannya adalah karena antarmuka yang sederhana dan cara penggunaan yang mudah. Banyaknya extension yang tersedia juga menjadi salah satu hal yang mebuat wordpress disukai oleh banyak orang. Membuat halaman statik, posting blog dan mengatuk banyak konfigurasi bisa dilakukan dengan cepat dan mudah.

DRUPAL
Dengan content management yang satu ini banyak hal yang tidak bisa dilakukan di joomla dan wordpress namun sudah menjadi fitur standar disini. Namun untuk benar-benar bisa menggunakan drupal memang butuh tantangan dan waktu serta pengetahuan yang mumpuni. Untuk yang baru belajar membuat web drupal bukan pilihan yang tepat.

Jdi manakah content management system terbaik? kembali lagi semua tergantung kepada banyak hal sesuai kebutuhan dan tujuan pembuatan web.



Labels: ,

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home