26 July 2014

Apa itu Solid State Drive / SSD

Media penyimpanan atau storage device pada komputer telah mengalami perkembangan yang sangat pesat baik dari segi teknologi maupun dari segi kapasitas. Dimulai dari flopy drive atau lebih dikenal dengan disket, hard drive dan solid state drive atau SSD. Sampai saat ini yang paling banyak digunakan oleh pengguna komputer adalah hard drive sedangkan SSD masih jarang penggunanya. SSD adalah media penyimpanan yang menggunakan memori solid state memanfaatkan semikonduktor, berbeda dengan hard drive yang menggunakan plat magnetis. Pada SSD tidak ada bagian yang berputar seperti pada hard drive sehingga akses data jah lebih cepat.

Solid state drive / SSD memiliki beberapa keuntungan dibandingkan dengan hard drive diantaranya adalah sebagai berikut :

Performa 
Seperti yang anda ketahui bahwa pada SSD tidak ada bagian yang berputar seperti pada hard drive. Hal ini membuat SSD memiliki kecepatan akses baca dan tulis yang jauh lebih cepat dibandingkan dengan hard drive.

Kemudahan perpindahan atau transisi 
 SSD menggunakan port SATA sehingga memudahkan bagi para pengguna komputer jika akan beralih menggunakan SSD dari sebelumnya menggunakan hard drive

Keamanan data 
SSD lebih tahan terhadap guncangan atau getaran sehingga media penyimpanan ini lebih aman dibandingkan dengan hard drive.

Kekurangan Solid State Drive
harga solid state drive saat ini masih sangat mahal jika dibandingkan dengan hard drive. Perbandingan harga SSD dan HDD kurang lebih 1:10, untuk SSD dengan kapasitas sekitar 100 GB harganya setara dengan hard drive 1 TB. Selain itu kapasitas solid state drive belum sebesar hard drive. 

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home