08 December 2013

Perbedaan Intel dan AMD

Intel dan AMD adalah dua perusahaan berbeda yang bersaing dalam dunia industri semiconductor. Perbedaan utama dari kedua brand tersebut adalah dari segi harga, Intel menawarkan harga yang tinggi untuk produk mereka sedangkan AMD menawarkan harga murah untuk produk mereka.
Setiap orang yang pernah membeli komputer atau laptop pastinya minimal pernah mendengan nama Intel dan AMD.

Kedua perusahaan ini adalah pemain besar dalam pasar microprocessor dan chip semiconductor sekaligus juga kompetitor satu sama lain. Meskipun keduanya memproduksi microprocessor, semiconductor dan perangkat keras lainnya namun mereka berbeda satu sama lain dalam banyak hal. 
AMD (Advanced Micro Devices) adalah sebuah perusahaan multinasional Amerika yang membuat semiconductor, processor dan perrangkat keras komputer lainnya. Didirikan pada tahun 1969 dan telah bersaing terus-menerus dengan Intel. Intel Corporation juga merupakan perusahaan multinasional Amerika yang memproduksi semiconductor dan perangkat keras untuk sistem komputer. Perusahaan ini didirikan tahun 1968, setahun sebelum AMD berdiri dan telah berhasil menguasai sekitar 70% pasar.

Dalam usahanya menguasai pasar, tidak jarang terjadi masalah hukum antara kedua perusahaan karena berbagai cara digunakan termasuk cara yang melanggar hukum untuk menjadi penguasa pasar. Pada tahun 1975 Intel dan AMD terlibat sebua kerjasama dalam pembuatan processor 8080 untuk IBM. Namum kerjasama tersebut tidak bertahan lama dan masing-masing memulai usahanya sendiri. Intel konsisten menyediakan sistem teknologi yang maju sementara AMD lebih cenderung menawarkan nilai lebih dari segi harga. Processor AMD biasanya lebih murah jika dibandingkann dengan processor Intel dari tipe atau arsitektur yang sama.

Persaingan utama antara kedua perusahaan yang paling jelas adalah dari produk motherboard dan prosesor. Perbedaan utama antara motherboard AMD dan Intel adalah bahwa motherboard hanya bisa digunakan untuk processor buatan mereka sendiri. Oleh karena itu, sebuah motherboard AMD hanya akan bekerja dengan prosesor AMD dan juga sebuah motherboard Intel hanya akan bekerja dengan prosesor Intel. Alasannya adalah fakta bahwa setiap prosesor membutuhkan jenis socket yang berbeda. Motherboard Intel memiliki soket LGA 1156 dan LGA 1366, sementara motherboard AMD memiliki soket AM2 dan AM3.

Namun fakta bahwa motherboard AMD hanya bekerja dengan processor AMD dan begitu juga Intel, penjualan dan pangsa pasar dari AMD dan Intel lebih banyak ditentukan oleh nilai penjualan processor masing-masing. Jumlah slot dan maksimum memori atau RAM yang diakomodasi motherboard tergantung pada model motherboard itu sendiri. Hal ini tentunya mempengaruhi harga, oleh karena itu sebuah motherboard dengan port SATA yang lebih banyak atau dengan kompitibilitas RAM lebih banyak akan lebih mahal.

Pentium adalah brand processor milik Intel, sementara AMD menjual processor dengan nama AMD itu sendiri. Processor pentium lebih tinggi dari Atom dan produk celeron tetapi dibawah core i3, i5 i7 dan processor xeon. Dibandingkan dengan generasi intel core, pentium mempunyai clock frequency yang lebih rendah. Pentium mempunyai pipelines yang lebih panjang dibandingkan AMD, hal ini memungkinkan processor mempunyai clock speed yang lebih tinggi. Namun AMD telah menemukan cara lain untuk bersaing meningkatkan clock speed dalam hal menyimpan dan mengakses memori processor.

Processor Intel pentium menyimpan memori di cache L2, ini hampur dua kali lipat cache processor AMD athlon. Cache L2 adalah bank memori yang menyimpan dan mengirim data ke cache L1. AMD athlon mempunyai cache L2 setengah dari Intel pentium, namun cache L2 pada AMD sudah terintegrasi diprocessor itu sendiri. Hal ini memungkin processor AMD athlon untuk mengakses cache jauh lebih cepat dibandingkan pentium. Jadi meskipun processor athlon mempunyai clock rate dan cache yang lebih rendah dari pentium, namun athlon mempunyai kinerja yang cukup layak dibandingkan dengan pentium.


AMD
Intel
Industry Semiconductors Semiconductors
Founded May 1, 1969 July 18, 1968
Founder(s) Jerry Sanders, Edwin Turney Gordon Moore, Robert Noyce
CEO Rory Read Paul Otellini
Products Microprocessors, Motherboard chipsets, Graphics processors, Random-access memory and TV tuner cards. Bluetooth chipsets, flash memory, microprocessors, motherboard chipsets and network interface cards.
Stands for Advanced Micro Devices Intel Corporation
Company Type Public Public
Listed on NYSE NASDAQ, SEHK
Headquarters Sunnyvale, California Santa Clara, California
Price AMD processors are cheaper compared to Intel processors. Expensive compared to AMD processors.
Technology AMD As technology wise, Intel is believed to have superior processors that outperform the AMD processors.
Market Share According to PassMark’s CPU Benchmarks in the fourth quarter of 2012, AMD held the market share of 27.5 % for x86 infrastructures. According to PassMark’s CPU Benchmarks in the fourth quarter of 2012, Intel held the market share of 72.5% for x86 infrastructures.


Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home