27 November 2013

Tips Triks Windows 8

Sudah sekitar satu tahun sistem operasi Windows 8 menemani kita sejak dirilis pertama kali. Namun sepertinya masih banyak pengguna komputer yang lebih memilih Windows 7 atau XP ketimbang WIndows 8. Banyaknya perubahan antarmuka seperti hilangnya start menu yang digantikan dengan start screen menjadi salah satu alasan pengguna komputer enggan beralih menggunakannya.

Bahkan yang sudah sangat famiiar dengan versi-versi windows sebelum ini juga mungkin akan cukup kebingungan ketika pertama kali menggunakan Windows 8. Untuk beralih ke sistem operasi yang juga digunakan pada perangkat tablet ini dibutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk mempelajari dan membiasakan diri dengan banyaknya perbedaan cara pengoperasian. Namun bukan berarti sulit untuk mengoperasikan Windows 8 ini, bagi pengguna komputer yang sudah menggunakan sistem operasi windows bertahun-tahun mungkin tidak akan memakan waktu lama untuk beradaptasi. Perbedaan yang sangat menonjol hanyalah pada hilangnya start menu dan PC setting, selebihnya seperti desktop, control panel dan lain-lain tidak jauh berbeda dengan Windows generasi sebelumnya. Jika anda baru saja beralih ke Windows 8, tips-tips berikut ini mungkin bermanfaat untuk anda.

Basic Navigasi
Windows 8 menggunakan tampilan start screen yang berwarna-warni ketika pertama kali login, jika anda menggunakan tablet maka akan sangat mudah untuk merubah tampilan layar cukup dengan menggeser layar tablet dan untuk membuka aplikasi cukup dengan menyentuh icon-nya.
Pada komputer desktop atau laptop anda bisa menggunakan scroll mouse atau tombol home dan end untuk menggeser tampilan start screen. Untuk membuka aplikasi atau program bisa menggunakan tombol mouse kiri.

Grup Aplikasi
Aplikasi atau program pada strart screen tersusun secara acak, namun jika anda lebih menyukai tampilan yang lebih terorganisasi anda bisa mengaturnya kedalam grup aplikasi. Geser program-program yang ingin anda kelompokan misalkan berdasarkan kategori ke satu grup pada start screen. Klik ikon 'minus' pada kanan bawah start screen untuk memperkecil tampilan (zoom out) sehingga anda bisa mengurutkan posisi grup sesuai keinginan. Klik kanan pada grup ketika masih pada tampilan zoom out untuk memberi nama grup.
Menggunakan Quick Access Menu
Klik kanan pada pojok kiri bawah atau tekan tombol windows + X untuk membuka quick access menu yang berfungsi untuk membuka beberapa fungsi atau fitur dari Windows 8 seperti Device Manager, Control Panel, Explorer, power option, disk manageement dan lain-lain. Download win+x menu editor jika anda ingin menambah menu item pada quick access menu.

Mencari Aplikasi atau Program
Quick access menu hanya berisi menu-menu tertentu saja, sedangkan untuk membuka program yang anda install bisa dilakukan dengan mengklik ikon program pada start screen. Untuk mencari sebuah program, jika anda mengetahui nama program tersebut anda bisa langsung mengetikan nama program pada start screen namun jika anda tidak mengetahui persis nama dari program yang akan anda buka maka anda bisa melihat semua program yang terinstall dengan klik kanan pada start screen dan klik 'All apps' pada bagian kanan bawah start screen.

Membuat Akses Lebih Mudah
Jika ada program yang sering anda gunakan atau digunakan secara rutin anda tidak harus mencarinya dengan search pada start screen setiap kali akan membukanya. Munculkan program tersebut di start screen sehingga cukup klik satu kali program akan terbuka, untuk melakukannya cari program yang sering anda gunakan pada start screen lalu klik kanan dan pada bagian bawah pilih 'Pin it'.

Shut Down
Untuk mematikan sistem operasi windows 8, gerakan kursor mouse ke pojok kanan bawah layar, klik Setting atau tekan tombol windows+i, lalu klik pada tombol power dan pilih shutdown. Anda juga masih bisa menggunakan trik dari windows versi sebelumnya dengan kombinasi tombol Ctrl+Alt+Del lalu klik tombol power pada pojok kanan bawah layar dan pilih shutdown.

Membuka 2 Aplikasi Side by Side
Aplikasi Windows 8 disebut oleh Microsoft sebagai aplikasi "immersive" yang artinya aplikasi berjalan pada mode full screen tetapi ada cara untuk menampilkan 2 aplikasi secara bersamaan. Untuk melakukan ini posisikan kursor mouse pada bagian atas aplikasi lalu drag ke bawah hingga tampilan aplikasi menjadi thumbnail lalu drag ke arah kanan atau kiri layar hingga tampilan layar terbagi dua.

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home