14 November 2013

Memindahkan Database SQL Server ke Komputer Lain

SQL server adalah sebuah database engine produk dari Microsoft yang sangat populer dikalangan para programmer. Untuk memindahkan database SQL server dari satu komputer ke komputer lain tidak semudah seperti pada database engine MySQL. Pada MySQL untuk memindahkan database cukup dengan copy dan paste file database yang terletak pada folder data MySQL.

Berikut ini langkah-langkah untuk memindahkan database SQL Server dari satu komputer ke komputer lain :

- Buka MS SQL Server Management Studio, expand Databases lalu klik kanan pada database yang akan anda copy atau pindahkan ke komputer lain dan pilih Tasks -> Detach. Database yang telah didetach tidak muncul dalam daftar database dan harus diattach ulang. Proses detach database bertujuan agar database yang akan dipindahkan bisa di copy.

- Buka windows explorer dan copy database yang telah anda detach sebelumnya. By default semua database SQL Server terletak di C:\Program Files\Microsoft SQL Server\MSSQL10.MSSQLSERVER\MSSQL\DATA. Jika anda menginstall MS SQL di lokasi lain maka sesuaikan dengan lokasi dimana SQL Server terinstall. Setiap database memiliki dua file dengan ekstensi .MDF dan .LDF, copy kedua file tersebut dan paste ke lokasi lain.



- Pada komputer dimana anda akan menempatkan database, paste 2 file database yang anda copy sebelumnya ke lokasi instalasi SQL server.
- Buka SQL Server Management Studio, klik kanan Databases dan pilih attach


- Klik tombol Add untuk menampilkan semua database


- Klik pada nama database yang akan anda attach lalu klik OK. 


- Klik OK untuk attach database






Labels:

1 Comments:

At 12 August, 2016 18:58 , Blogger Unknown said...

setelah detach kok gak bisa di copy ya ?? mohon pencerahannya

 

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home