13 November 2013

Menambah Start Menu Pada Windows 8

Windows 8 sudah tidak lagi menggunakan start menu yang sudah sangat populer bagi para pengguna windows. Sebagai gantinya windows menggunakan tampilan baru yang disebut start screen yang kurang praktis jika dibandingkan dengan start menu terutama jika anda menggunakan windows 8 pada komputer atau perangkat yang bukan layar sentuh.

Namun sebuah program gratis yang bernama Classic Shell bisa menambahkan start menu pada windows 8.

Classic Shell adalah program alternatif untuk start menu yang cukup terkenal  yang memungkinkan anda untuk merubah start menu pada windows dengan tampilan yang berbeda atau sesuai dengan fitur yang ada pada Classic Shell. Satu fitur yang sangat menarik adalah bagi perngguna yang tidak ingin menggunakan windows 8 start screen, Classic Shell secara default menonaktifkan start screen sehingga pada saat login akan langsung membuka tampilan desktop seperti pada windows generasi sebelumnya. Jika anda ingin menggunakan aplikasi dari desktop, aplikasi ini akan menampilkannya pada start menu sehingga lebih mudah diakses. Fitur ini bisa di noaktifkan jika anda tetap ingin menggunakan start screen pada saat login.

Untuk menambah start menu pada windows 8 silahkan download Classic Shell dari link dibawah ini :

http://classicshell.sourceforge.net/

Jika anda sudah mendownload Classic Shell, double click file tersebut untuk mulai proses instalasi.


Click Next pada tampilan setup seperti diatas dan pada window selanjutnya aktifkan check box "I access the terms of the license agreement" lalu klikNext.


Selanjutnya akan muncul window konfigurasi fitur yang akan di install. Karena tujuan instalasi Classic Shell adalah untuk menambahkan start menu pada windows 8 maka nonaktifkan fitur Classic Explorer dan Classic IE9 sehingga fitur ini tidak akan di install. Untuk melakukannya klik pada ikon opsi install disebelah kiri keterangan fitur lalu klik Next.



Selanjutnya klik install pada window berikutnya untuk mulai proses instalasi. Klik Yes jika muncul window User Account Control. Klik Finish  jika proses instalasi sudah selesai. Setelah Classic Shell terpasang maka anda akan melihat start menu pada bagian sebelah kiri bawah dari desktop anda.


Sekarang anda harus memilih tampilan start menu yang akan digunakan sebelum anda bisa menggunakannya. Klik pada start menu untuk membuka window setting lalu pilih tampilan yang anda inginkan lalu klik OK. 
Selamat, sekarang windows 8 anda sudah memiliki start menu.

Jika anda ingin merubah setting start menu, klik kanan pada start menu lalu pilih setting.


Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home