20 November 2013

Membuat Backup Windows 8

Windows 8 memiliki kemampuan untuk me-reset instalasi operating sistem ke status default atau kondisi pada saat windows baru terinstall. Ketika anda melakukan refresh atau reset pada Windows 8, sistem akan mengembalikan Windows kembali ke keadaan awal, tetapi dengan metode ini anda harus menginstal kembali semua aplikasi atau program-program yang telah terinstall sebelumnya.

Jika Anda telah menginstal banyak aplikasi, tentunya hal tersebut bisa menjadi perkerjaan yang lumayan menyita waktu karena harus memasang aplikasi satu per satu. Namun sebuah program yang disebut recimg.exe memungkinkan anda untuk membuat backup image Windows 8 lengkap dengan aplikasi yang sudah terinstal. Hal ini akan sangat membantu anda ketika windows 8 anda bermasalah, jika anda mempunyai sebuah backup image yang lengkap dengan aplikasi-aplikasi yang biasa anda gunakan maka mengembalikan windows 8 dengan backup tersebut akan lebih cepat dibandingkan dengan fresh instal.
Ketika menggunakan recimg.exe untuk membuat backup image maka file image akan selalu disimpan sebagai CustomRefresh.wim dan  akan me-replace semua file backup yang tersimpan di folder yang sama, misalnya jika anda sudah pernah melakukan backup dan menyimpannya pada folder C:\backup\CustomRefresh.wim maka pada saat anda melakukan backup lagi file CustomRefresh.wim akan direplace jika anda menyimpan di path yang sama. Oleh karena itu, disarankan agar anda membuat folder terpisah untuk setiap file backup yang anda buat atau pindahkan file backup yang telah anda buat ke lokasi lain.

Berikut adalah langkah untuk membuat backup windows 8 lengkap dengan aplikas yang terinstal :

Buka command prompt as administrator, tekan tombol windows + X atau klik kanan pada pojok kiri bawah start screen dan pilih Command prmpt (Admin)

Pada command prompt ketik perintah sebagai berikut :
recimg.exe /createimage
Contoh jika anda akan menyimpan file backup anda di C:\backup\ maka ketik perintah sebagai berikut :
recimg.exe /createimage C:\backup
Jika nama folder menggunakan spasi maka gunakan tanda petik pada path folder contoh : "recimg.exe /createimage C:\backup data"
Proses pembuatan file backup akan membutuhkan waktu yang cukup lama dan space hard disk yang besar karena file backup bisa mencapai 20 GB


Jika proses backup sudah selesai maka tampilan commacnd prompt akan seperti dibawah ini :


Jika tidak ada error pada pada proses backup, maka anda sekarang sudah memiliki file backup windows 8 pada lokasi sesuai yang anda tentukan sebelumnya. File backup yang anda buat dengan proses diatas akan menjadi file standar yang akan digunakan jika anda me-restore windows.



Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home