12 November 2013

Apa itu Port TCP dan UDP?

Komputer atau perangkat lain yang terhubung ke internet menggunakan protokol yang disebut TCP/IP untuk berkomunikasi satu sama lain. Ketika sebuah komputer USA misalnya akan mengirimkan data ke komputer lain di UK maka komputer harus mengetahui alamat IP dari komputer yang dituju. Informasi yang dikirim tersebut dikirim menggunakan 2 metode UDP dan TCP.

Apa itu port UDP dan TCP? TCP kepanjangan dari Transmission Control Protocol. Menggunakan metode ini sebuah komputer akan terhubung dengan komputer lain ketika mengirimkan data atau informasi dan akan tetap terhubung selama proses pengiriman data. Dengan metode ini juga kedua komputer dapat menjamin bahwa data telah diterima dengan benar dan aman, kemudian koneksi akan terputung setelah proses transfer data selesai. Proses transfer data ini cenderung lebih cepat dan reliable namun membutuhkan resource komputer yang lebih tinggi karena harus memonitor koneksi dan lalu lintas datanya. Contoh sederhananya adalah ketika anda menerima atau melakukan panggilan telefon, anda akan berbicara via telepon dan kemudian akan mematikannya ketika anda sudah selesai.

 UDP kepanjangan User Datagram Protocol. Menggunakan metode ini komputer mengirimkan paket data informasi dengan melepaskannya kedalam jaringan dengan harapan data tersebut akan sampai ke tempat yang benar. Artinya, UDP tidak terhubung langsung ke komputer yang menerima paket data seperti pada TCP. UDP mengirim data keluar dan selanjutnya tergantung pada perangkat penghubung antara komputer pengirim dan penerima hal ini membuat proses transfer data tidak bisa dijamin akan sampai tujuan. Sebagai contoh seperti sistem pengiriman surat menggunakan POS, anda menyimpan surat di kotak pos dan berharap surat anda akan sampai sesuai dengan alamat tujuan. Terkadang surat sampai ke alamat tujuan dan terkadang tidak.
Seperti yang anda tahu, semua perangkat atau komputer yang terhubung ke internet harus memiliki sebuah nomor yang disebut IP address. Ip address ini digunakan untuk mengenali komputer anda dari jutaan komputer lain yang terhubung ke internet. Semua data atau informasi yang anda terima dikirim melalui port TCP atau UDP.

Ports bekerja dengan konsep yang sama, anda memiliki sebuah IP address dan banyak port pada IP tersebut yaitu 65,535 TCP Ports dan 65,535 UDP ports. Ketika sebuah program pada komputer anda mengirim atau menerima data via internet, data tersebut dikirim dan diterima melaui ip address pada port tertentu. Jika menggunakan port TCP maka proses transfer data akan secara otomatis menggunakan port TC, begitu pula dengan port UDP.

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home