20 November 2013

Tips Memilih Tablet

Komputer tablet sekarang sudah sangat banyak digunakan baik untuk keperluan pekerjaan atau hanya sebatas untuk bermain game. Begitu banyak jenis atau model tablet yang ada dipasaran dari paling tidak satu lusin produsen gadget ini. Jika anda berniat akan membeli tablet mungkin ada baiknya jika mempertimbangkan hal-hal berikut ini :

Harga atau Budget
Jika anda sudah mengalokasikan budget untuk pembelian tablet dan model yang anda sukai ada dalam range budget anda tersebut maka anda tidak perlu mempertimbangkan banyak hal-hal lain. Namun tetap saja terkadang ada kebingungan karena begitu banyaknya pilihan yang ada dipasaran. Jika demikian maka pertimbangkan secara spesifikasi hardware-nya seperti prosesor, internal storage, memori, ukuran layar kamera dll. Selain itu juga pertimbangkan mengenai asesoris yang mungkin akan anda beli untuk tablet tersebut.

Ukuran dan Tampilan
Jika anda berniat membeli tablet secara online, tidak ada salahnya jika anda jalan-jalan ke counter penjual tablet untuk melihat secara langsung bentuk fisik dari model yang anda inginkan. Apakah anda ingin tablet dengan layar besar atau tipis? pertimbangkan juga apakah nantinya tablet ini akan digunakan oleh orang dewasa saja atau digunakan untuk anak-anak juga. Jika anda sudah memiliki kriteria secara tampilan fisik maka hal lain yang harus juga dipertimbangkan adalah kenyamanan anda ketika memegang tablet tersebut.



Fitur
Jika anda sudah memutuskan sistem operasi (jika memilih iOS maka pilihan model akan lebih sedikit) maka anda bisa lebih fokus kepada fitur-fitur yang anda inginkan. Jika anda memilih  iPad 2, anda punya pilihan antara model standard Wi-Fi dan model 3G.

Jika memilih tablet android atau windows anda harus membandingkan fitur-fitur dari berbagai produsen, lihat spesifikasi seperti ketahanan baterai, koneksi internet apakah via 3G atau WiFi, kapasitas penyimpanan data, kamera dll.

Aplikasi dan Sistem Operasi
Sistem operasi adalah salah satu hal yang akan sangat berpengaruh dan pilihan yang ada adalah Android, Windows dan iOS. BlackBerry PlayBook menggunakan QNX, sebuah sistem operasi untuk tablet yang dikembangkan oleh Research in Motion. Sementara iOS adalah sistem operasi yang dikhususkan untuk produk-produk Apple saja. Selain sistem operasi itu sendiri, ketersediaan aplikasi yang ada menjadi cukup penting karena kebutuhan baik untuk pekerjaan atau hiburan.

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home