12 November 2013

Masuk ke Safe Mode Windows 8 dengan F8

Windows 8 memperkenalkan bootloader baru yang bertujuan untuk mempercepat proses booting. Sayangnya untuk mempercepat proses booting itu microsoft harus menghilangkan Advanced boot option dengan menggunakan F8 seperti pada Windows generasi sebelumnya. Itu artinya masuk ke safe mode dengan F8 pada windows 8 sudah tidak ada lagi dan

untuk masuk ke safe mode harus menggunakan windows itu sendiri ketika sudah start. Proses untuk ke safe mode pada saat windows sudah start dirasa sangat tidak praktis dan pada kondisi tertentu ketika windows sudah tidak bisa start dengan boot normal hal tersebut tidak bisa dilakukan.

Mengingat adanya kemungkinan windows 8 tidak bisa booting normal baik karena masalah driver ataupun virus, maka penggunaan safe mode dengan metode F8 akan dan menjadi cukup penting.
Untuk mengaktifkan tombol F8 pada windows 8, sialhkan ikuti step-step dibawah ini :

- Buka Command prompt
Pada saat command prompt tebuka anda akan berada pada C:|Windows\System32>
Untuk mengaktifkan F8 pada windows 8 ketikan perintah sebagai berikut :
bcdedit /set {default} bootmenupolicy legacy lalu tekan enter


Jika anda mengetikan perintah dengan benar maka akan muncul komentar sukses seperti pada gambar diatas. Restart komputer untuk melakukan perubahan setting ini. Sekarang anda bisa menggunakan F8 untuk masuk ke safe mode pada windows 8.

Untuk menonaktifkan tombol F8 pada windows 8 silahkan gunakan perintah berikut pada command prompt :
bcdedit /set {default} bootmenupolicy standard

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home