07 November 2013

Hard Drive 6 TB dengan Helium

Sebuah perusahaan data-storage HGST telah mulai membuat sebuah terobosan baru yaitu menciptakan hard drive enam terabyte yang memiliki kapasitas penyimpanan 50 persen lebih besar dan menggunakan daya sekitar 20 persen lebih rendah dibandingkan hard drive konvensional . Apa rahasia dibalik teknologi pembuatan hard rive ini? Penggunaan helium didalam Hard Drive, ya itulah teknologi yang digunakan dalam terobosan teknologi pembuatan hard drive ini.

Helium dapat mengurangi gesekan , getaran, dan masalah mekanis lainnya yang menjadi kelemahan pada hard drive konvensional . Hal ini juga membuat hard drive lebih efisien dari segi penggunaan power atau energi.

Industri hard-drive sudah mulai melirik penggunaan helium sejak tahun 1970-an , tetapi belum ada  satu perusahaan pun yang mampu merealisasikannya karena helium memiliki kecenderungan bocor seperti halnya pada balon ulang tahun yang akan menyusut beberapa hari setelah setelah diisi helium.

HGST yang berkantor pusat di San Jose California, mengatakan telah berhasil mengatasi tantangan ini dan menghasilkan hard drive yang dijamin bertahan hingga lima tahun. Perusahaan ini perlahan mulai memproduksi hard drive ini untuk pelanggan pertama mereka, termasuk perusahaan telekomunikasi Cina Huawei, CERN Eropa, dan Hewlett - Packard. Helium hard drive akan menarik bagi data center dan bisnis seperti bank dan perusahaan asuransi yang menangani data atau informasi dalam jumlah besar.

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home