06 November 2013

Yang perlu anda ketahui tentang Windows Registry

Saat ini kita semua bisa mengatakan bahwa dunia berubah karena munculnya komputer. Sehingga mau tidak mau kita harus terbiasa dengan istilah-istilah yang berhubungan dengan komputer . Salah satu dari ribuan istilah yang perlu kita ketahui adalah windows registry.

Ketika kita berbicara tentang windows registry, maka hal ini berkaitan dengan jutaan informasi yang ada hubungannya dengan semua perangkat keras yang terpasang serta perangkat lunak dalam sistem komputer kita . Sebenarnya ada beberapa hal yang meliputi struktur dasar dari windows registry.

Hal ini mencakup informasi yang disusun berdasarkan perangkat keras , sistem operasi , pengguna baru , dan perangkat lunak. Namun ketika mengoperasikan komputer , entah bagaimana masalah yang berhubungan dengang windows registry selalu saja ada. Masalah windows registry disebabkan oleh penumpukan sejumlah informasi dalam registry yang sudah tidak up to date atau mungkin registry sudah tidak digunakan. Hal itu terjadi karena berbagai aktifitas pada saat mengoperasikan komputer seperti merubah konfigurasi sistem, proses mematikan komputer yang tidak benar, menginstal dan menguninstall program, upgrade dan menginstal ulang program , serta web browsing.

Oleh karenanya kita harus waspada menghadapi masalah registry ini karena dapat menyebabkan beberapa resiko terhadap sistem komputer kita . Yang paling umum kemungkinan resiko yang kita akan terjadi adalah komputer crash atau operating sistem crash.

Oleh karena itu, kita perlu mengetahui bagaimana mencegah dan memperbaiki masalah windows registry ini. Berikut ini adalah beberapa hal penting yang bisa kita lakukan untuk mengatasi masalah windows registry :


- Selalu menginstal program dengan benar .
- Hindari men-download aplikasi yang tidak diperlukan terutama game .
- Melakukan pemeliharaan sistem komputer secara teratur.
- Jaga kebersihan komputer untuk menjaga perangkat keras komputer.
- Hindari membuka lampiran email yang tidak diinginkan karena dapat mengandung virus .
- Hindari situs atau website yang dianggap mencurigakan
Langkah-langkah pencegahan tersebut dapat membantu kita mengurangi kemungkinan masalah registry. Namun demikian , langkah tersebut tidak bisa menjadi jaminan akan benar-benar bebas dari masalah registry pada sistem komputer kita. Dengan demikian, tidak ada salahnya kitau menggunakan perangkat lunak yang efektif yang bertujuan untuk membersihkan registry windows. Perangkat lunak ini umumnya dikenal sebagai registry cleaner.

Mencegah kemungkinan terjadinya masalah pada window registry menjadi penting karena registry merupakan bagian penting dari sistem operasi komputer yang menjalankan semua perintah pada sistem operasi.

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home